19 February 2014

Misteri Hilangnya Arti MedSos

Saat tweet uda sampe 19.3K , saat friendlist di FB uda segitu padahal uda hapusin orang-orang ga kenal, check in FourSquare yang segitu, baru minggu ini nyadar.
sebenernya buat apa ngetweet sampe segitu? aku merasa sudah banyak waktu yang terbuang hanya untuk ngetweet. kalau ngetweet aja kita butuh waktu 1menit, berarti sudah 19300 menit terbuang sia-sia... itu artinya aku sudah kehilangan 321,6 jam yang berharga. dulu aku begitu alay alias dikit-dikit ngetweet. tapi saat aku alay, belum ada kata alay dalam kamus sehari-hari. jadi ralat, aku dulu bukan alay. hehehe. terus nih, sekarang nyadar aja, sebenernya ngetweet itu nggak salah-salah amat, nggak bener-bener amat. tergantung. mati dong kaya singa di KBS? :( bukan, tapi tergantung sama usernya. aku manusia yang biasa-biasa aja, yang nggak rajin berorganisasi, kuliah-pulang-kuliah-pulang, nugas, gitu-gitu aja pokoknya, nyadar kalau aku sudah kehilangan banyak waktu yang sebenernya bisa dipake buat ngerjakan tugas kuliah, atau tugas SMA dulu-dulu, atau tidur. tapi ikut umum aja ya, penyesalan selalu datang di akhir. sekarang aku cuma bisa nyadar dan persiapan berbenah diri untuk nggak selalu waste time buat hal-hal yang kurang ada manfaatnya.
mengumbar kehidupan di media sosial, lagi bete sama macet, lagi kesel nggak diapelin pacar, kode-kodein lewat medsos terus yang dikodein ngga tau terus marah, terus ngetweet lagi kalo lagi kesel.
man, i dont wanna waste my second to read them in my timeline. thats why aku nggak ngefollow para manusia seperti itu dan selebtwit yang kerjaannya bikin orang makin resah risau gelisah hingga akhirnya menjadi Ratu Drama Fitri ala Malam Minggu Miko.
sebenernya, untuk nulis ini juga merupakan kegiatan yang sangat menyita waktu. tapi enaknya nulis opini disini panjang lebar tinggi nggak banyak yang protes. kalau di twitter, kemudian compose tweet : ih, kenapa sih pada curhat di timeline, emang followersnya ngga keganggu apa?! . Tiga menit kemudian ada mention masuk : eh, nyinyir aja sih! . terus bertengkar. terus tweetnya makin banyak. terus..emosinya naik. terus tekanan darah juga naik.. terus....uda.
aku juga nggak ngerti kenapa aku doyan ngetweet, kenapa dulu main facebook terus pasang-pasang status, kenapa aku bikin blog, kenapa aku agak curhat di blog, kenapa aku punya foursquare yang notabene semi-semi ada kesombongannya di tiap check in. i'm at X.O S**i , i'm at Sushi T**. i'm at manalagi, padahal anak kosan tapi check in tiap hari dimana-mana. sorry man, I'm still the same person I was in the other years before, banyak komentarnya.
aku juga punya banyak akun jejaring sosial, dimana beberapa dari itu semua uda banyak yang jarang dibuka, atau bahkan gaperna buka lagi. untuk apa aku dulu bikin akun-akun itu? facebook juga bener-bener mengganggu, tapi akhir-akhir ini. sekali buka FB, banyak bgt ya orang jualan dan notif ala akun kena virus memenuhi notifications. kadang aku merasa sedih karna sudah punya FB. kadang aku merasa, mereka-mereka yang menolak buat bikin FB itu keren. ada dulu temen SMA yang sepanjang perjalanannya, dia nggak punya FB. dia keren. dia juara kelas. dia nggak banyak komentar kayak yang nulis ini. tapi beberapa waktu lalu, dia add akunku, waktu ditanya kenapa bikin FB, dia jawab: soalnya aku butuh grup angkatan kuliah dan info-infonya disini... bener sih, setahun setengah terakhir ini, akun fesbuk emang fungsinya buat komunikasi antar mahasiswa. info-info tugasnya, hari libur, sampe guyonan ala meme 'campus' comic. terus, di fesbuk banyak juga kok orang-orang kaya di twitter. malah lebih panjang. karna nggak cuma 140karakter. mungkin bisa sepanjang tulisan ini.
hil, kenapa komentar terus? kenapa nyalahin orang terus?
aku bukan nyalahin orang, aku juga pernah seperti mereka. just my opinion, k? namanya juga generasi, berubah setiap tahunnya. aku juga nggak nyalahin Mark Zuckerberg sama Jack Dorsey. mereka orang-orang keren kok.
kebanyakan, dua akun yang uda disebut diatas-paling atas- banyak akun fake nya. nyuri-nyuri foto orang terus dibikin akunnya, terus dijelekin, atau apalah. siapa yang nggak males? mungkin, karena terinspirasi dari para pembuat akun fake, jadi banyak teroris lewat medsos. diteror sama orang-orangan? hiiii awas aja kehidupan pribadi bisa terkuak. atau, bisa-bisa kalian diculik cuma gara-gara akun dari dunia maya? hahahahhh cuma satu, don't trust to much to others.
zaman sudah berubah. zamanku SD dulu sudah punya akun yahoo, YM!an sama temen-temen tapi penting-penting amat. waktu SMP lumayan penting. waktu SMA bisalah conference chat terus ngomongin kuliah & kedepannya sama mereka. kalau sekarang, kita ngechat orang nanya kabar aja dia uda bisa GR. terus cerita ke temen-temennya, eeeh aku dichat sama dia, aaa seneng!dia bilang kangen lagi. zzz rasanya aku mau salto di sepanjang rel kereta api dari banyuwangi sampe banten. I need to move to other planeeeeeeeeeeet!

No comments:

Post a Comment