30 September 2017

PRESALE BBW (Big Bad Wolf) SURABAYA 2017

Beberapa hari yang lalu terima email kalau dapet VIP ticket/preview sale pass buat acaranya Big Bad Wolf. Bahahaha senangnya bukan maiiiin!

 


***

Big Bad Wolf adalah pameran buku import terbesar dengan diskon hingga 80% dari harga asli. Book sale ini pertama kali diadakan di Kuala Lumpur, Malaysia pada tahun 2009. Jutaan buku tersedia dengan berbagai macam genre mulai dari fiksi anak-anak, remaja, dewasa serta berbagai macam buku non fiksi seperti buku-buku self help, bisnis, seni, hobi dan agama.

Di Indonesia sendiri Big Bad Wolf sudah diadakan sebanyak 4 kali. Pertama di Jakarta pada Mei 2016, kemudian di Surabaya pada September 2016. Pada tahun 2017, BBW book sale juga diselenggarakan di Jakarta 21 April – 2 Mei lalu. Dan, akhirnya pada 28 September – 9 Oktober 2017, event besar ini kembali hadir di Surabaya selama 24jam non stop! Yeaaay! Kembali hadir di tempat yang sama yaitu JXpo, yang berlokasi di jalan Ahmad Yani.

Beruntungnya diriku sebagai satu dari sekitar 80 blogger dan vlogger yang mendapatkan VIP ticket untuk presale BBW Surabaya 2017 ini. Jadi, kami bisa masuk dan berbelanja buku sehari sebelum pameran dibuka. Selain 80 orang blogger dan vlogger, ada juga cara untuk mendapatkan  VIP tiket ini yaitu dengan cara menjadi 3000 member BBW pertama dan 200 orang pengguna kartu Bank Mandiri. Member BBW sendiri mendapatkan diskon khusus pada beberapa buku pilihan. Diskon yang cukup lumayan, seperti pada buku After You by Jojo Moyes, harga aslinya dijual Rp. 75.000, tapiiii bagi member, harganya dipatok Rp. 65.000. Karena member tidak memiliki kartu khusus, maka harga khusus member bisa didapatkan kalau kita claim ketika di kasir. Ada juga cara mendapatkan voucher bagi pengguna aktif kartu kesehatan BPJS. Lumayan loh, hanya dengan kartu BPJS yang kalian bawa, kalian bisa mendapatkan voucher sebesar 20.000.

Acara Preview Sale BBW 2017 ini  dibuka jam 09.00 – 23.00. Aku datang sekitar jam 16.15.  Datang kemari sehari sebelum acara dimulai, kesan pertama kali di kepala adalah : “wow, sepi ya. Ngga kaya taun kemarin pas hari ke sekian hahaha”. Dapet kesempatan buat liat ketika buku-buku masih pada tertata rapi dan masih lengkap, buku-buku incaran masih pada bertumpuk-tumpuk. Aduuh sumpah nggak bisa nahan banget kalo uda disini. Aku bukan bookworm banget sih sebenernya, tapi siapa yang bisa nahan kalo liat buku-buku yang judul dan isinya kita banget? Apalagi ditunjang dengan harga yang bener-bener terjangkau 😱

Walaupun banyak sekali buku yang tersebar di segala penjuru hall JXpo Surabaya, kita ngga akan pusing dan kerepotan buat nyari buku inceran kita. Dari pintu masuk, gampang banget nyari titik dimana kita akan menuju. Di sebelah kiri pintu masuk, disitulah area untuk buku import anak-anak. Sekitar setengah dari hall ini, isinya buku anak-anak semua. Jadi kalau ibu-ibu dan bapak-bapak punya anak balita atau di level elementary awal, tempat ini menjadi surga. Sedangkan di sebelah kanan pintu masuk, disitulah surganya para pembaca buku bisnis, young-adult, fiksi, seni, hobi, desain, travel, religion dan buku berbahasa Indonesia.

bisa dilihat, diatas rak sudah dipasang nama genre masing-masing
Aku seneng banget banget bangeeeet dengan adanya Big Bad Wolf dari taun kemarin. Karena menurutku dengan adanya book sale yang menjual buku-buku berkualitas dari isi bukunya sampe bentuk fisiknya yang menarik itu bisa menjadi media/wadah buat orang-orang yang awalnya ngga suka membaca, jadi suka membaca. Dari yang kemampuan englishnya bisa dibilang not so good, bisa jadi lumayan karena dengan membaca secara otomatis mereka memperluas perbendaharaan kata dari buku-buku yang mereka beli disini. Karena jelas buku yang dijual di Big Bad Wolf ini rata-rata buku import. Tapi nggak semua kok berbahasa inggris. Kalau di tahun kemaren (BBW Surabaya 2016) , buku-buku berbahasa Indonesia yang dijual  ngga banyak. Bahkan bisa dibilang sangat sedikit dan kurang menarik. Berbeda dengan tahun ini, kemaren aku lihat banyaaaak sekali buku-buku berbahasa Indonesia. Mulai dari buku anak-anak, fiksi remaja dan buku-buku agama. Harga yang dijual pun jauh dari harga di toko buku lainnya. Harganya juga di diskon hingga 50%. Seperti pada serial buku Halo Balita & Baby terbitan Mizan, rata-rata di toko buku dijual seharga 35-40ribu lebih. Tapi, di BBW, buku cerita bergambar ini dibanderol mulai dari Rp. 15.000! fantastic!


 
beberapa tumpukan buku berbahasa indonesia

Kalau untuk buku-buku importnya, sudah seperti klaim yaitu diskon hingga 60%-80%. Aku kurang paham sih sebenernya harga asli dari buku-buku ini kalo di luar negeri kaya apa, yang jelas pada lebih dari 200ribuan. Nah, menariknya, buku-buku yang dijual disini kemaren rata-rata harganya Rp. 65.000 – Rp. 85.000. kecuali untuk beberapa buku seperti buku-buku desain dan arsitektur, buku-buku music, buku hobi semacam merajut, melukis dan beberapa buku culinary harganya diatas Rp. 100.000 karena buku cetakannya memakai kertas art paper 120gr dan hard cover. jadi wajar kalau memang harganya selangit walau udah melewati proses diskon puluhan persen. tapi kalau dipikir-pikir lagi, jarang ada buku mahal sih. buku itu suatu benda yang everlasting karena ilmunya. Ngga ada ceritanya buku yang ngga membawa ilmu baru even dia cuma sebatas cerita fiksi. Buku…dia bisa dibaca siapa aja, kapan aja, sampai kita tua pun kalo buku itu masih ada, kita pasti baca atau minimal kita pasti wariskan bukunya ke anak cucu. pengalaman pribadi sih dapet warisan buku zaman dulu dari kakek, walau udah usang tapi menyenangkan.

beberapa contoh buku yang dijual di Big Bad Wolf Surabaya 2017 : 

contoh buku Musik

buku kuliner & buku anak

buku design arsitektur & pengetahuan umum (sejarah)

buku hobi & travel

Inspirational Library printed by Wilco
Kalau aku, kemaren emang kalap di rak genre macam-macam. Yang paling menarik buatku adalah rak buku Self-Help, I don’t know why, buku-buku di rak ini selalu bikin haus diri akan bacaan-bacaannya. Tapi ada yang sangat disayangkan pada hari preview sale, aku mencari buku jenis classic novel dan inspirational library published by Wilco ngga ada. Ada beberapa aja yang kutemui di rak self-help. Kalau yang lain semacam pride & prejudice, great expectation, etc, emang ngga ada. Atau mungkin belum datang di hari preview sale. Berharap di hari-hari berikutnya ada sih. Karena dari peristiwa taun kemarin, banyak pengunjung termasuk diriku yang kehabisan classic novel inceran mereka. Setahuku, buku-buku classic novel terbitan wilco banyak diborong sama jasa titip yang kemudian akan mereka jual di beberapa minggu berikutnya dengan harga naik Rp 30.000 per eksemplar. sedih sih lihatnya. Tapi ya sudah, karena rezeki orang ngga sama. Mungkin emang belum rezekinya dapet classic novels di BBW yang harganya MasyaAllah miring.

Sejatinya, pergi ke booksale adalah kegiatan yang meguras tenaga serta dompet manusia. Ber jam-jam kuhabiskan waktu disini buat keliling sendirian ternyata tidak menjadi masalah. karena di lantai 2 hall ini, sudah disediakan foodcourt bagi para pengunjung book sale beserta tempat duduk yang nyaman. jangan bingung dengan belanjaan kalian, karena ketika kalian mau naik ke lantai 2 untuk makan atau sholat, buku kalian bisa dititipkan di sudut penitipan buku dekat kasir. So, untuk masalah perut, jangan khawatir lagi. Kalian juga tidak perlu membawa minum dan segala macam makanan even itu permen (satu bungkus gede, yaiyalah siapa juga mau bawa segini?), karena makanan dan minuman kalian akan disita bapak-bapak penjaga pintu masuk. Anyway, aku adalah salah satu mahasiswa yang mencoba hemat, tapi botol minumku tersita juga karena kebodohanku sendiri. “pak, ini saya bawa minum tapi ada tulisannya kaya gitu(nunjuk tulisan di pintu). gimana ya?” polos atau bodoh sekali  pertanyaannya.

 
tempat makan di lt.2

Kalau di tahun 2016 kemarin, antrian kasir cukup menguras energi. Walaupun memang disediakan banyak kasir, entah kenapa antriannya ngga manusiawi. Untungnya, kemarin waktu preview sale BBW 2017  kejadian ini nggak keulang. Nggak ada ceritanya antri panjang. Mungkin karena emang lagi preview sale. Tapi bagusnya lagi, tahun ini ada crew yang mengarahkan mau ke kasir nomor berapakah kita. Jadi ngga perlu bingung sendiri buat cari kasir. Untuk hari-hari ke depannya, tentang antrian kasir ini bakal aku update seperti apa penampakannya.

Antrian kasir saat Preview Sale, 27 September 2017

Terus, kemarin waktu presale, mataku nggak bisa lepas dari buku. Nggak bisa noleh kesana kemari liatin orang milih buku. Tapi, ada satu hal yang sedikit banyak mencuri fokus penglihatanku. Kok banyak sekali ya fenomena satu orang bawa dua troll penuh buku? Ternyata memang benar mereka adalah orang-orang yang buka jasa titip di Instagram. hm....bagus sih, walaupun belanjaan mereka banyak banget, tapi ngga mengganggu kegiatan normal buyer yang emang cari buku buat dirinya sendiri di rak. Kira-kira, ada kemungkinan nggak ya di hari-hari ke depan mereka (jastipers) bakal sabotase hak pembeli perorangan buat dapetin buku-buku tanpa direcokin jastipers? walaupun memang dalam membeli ada istilah siapa cepat dia dapat.

***

Ada beberapa hal yang bisa ku pelajari dari kunjungan preview sale BBW kemarin. Tips agar tidak sampai ada tragedi exhausted dari segi fisik maupun dompet :
  1. Sebelum ke booksale, list dahulu buku apa saja yang hendak dibeli. Daftar buku bisa dilihat di website big bad wolf -> https://www.bigbadwolfbooks.com/id/books/general-fiction/1 . Sehingga ketika sampai disana, kita ngga akan lapar mata. Karena disitu banyak setan yang bikin kita ngga mikir mau comot semua buku walupun ngga terlalu penting. Hm… setidaknya lapar mata bisa diminimalisir lah dengan adanya list. Demi kesehatan dompet, khususnya mahasiswa 😫😫
  2. Pakai pakaian + alas kaki yang nyaman karena kita akan berdiri berjam-jam dan itu ngga kerasa.
  3. Jangan bawa segala macam bentuk makanan dan minuman dari luar. Kecuali emang sengaja mau dihibahkan ke bapak-bapak penjaga pintu masuk.
  4. Bawa shopping bag sendiri. karena kalau belanja banyak buku disana trus dapetnya kantong plastik, akan ada kemungkinan kantong plastiknya sobek terkena siku-siku buku yang berujung pada…......buku anda berserakan di jalan.
  5. sesuaikan jam belanja kalau nggak mau rame banget. jangan datang selepas jam kerja orang. bisa diakali datang lebih pagi atau malam sekalian. karena kemarin waktu preview sale, selepas maghrib udah mulai rame. mungkin member yang baru pulang kerja kali ya.
****

Thank You,
sampai jumpa di book sale berikutnya!