03 February 2014

Cat Food ( CF )

entah sudah berapa tahun memelihara kucing-kucing di rumah, baru hari ini kepikiran nulis yang sedikit berbobot tentang makhluk manis yang satu ini.
jadi, bermula dari tadi pagi saya pergi ke salah satu petshop di kota pasuruan. saya datang kemari untuk membeli dryfood untuk kucing-kucing saya.
untuk kucing saya generasi pertama dulu, saya kasih dia makan Whiskas. yaelah maklum aja waktu tahun-tahun itu petshop belum ada yang jual banyak catfood yang bagus. usut punya usut, setahun lebih terakhir ini saya rajin banget baca-baca catfood yang baik buat para empus di rumah. banyak banget artikel dan forum-forum yang usernya blacklist Whiskas sama Friskies dari daftar makanan untuk empus mereka. banyak yang bilang, walaupun badannya si empus dari luar oke-oke aja waktu makan ke-2 makanan ini, tapi sbeenernya dua makanan itu nggak begitu baik buat pencernaan para empus. soalnya...kedua makanan ini mengandung pewarna. dan itu nggak baik buat organ-organnya si empus. yaudalah bayangin aja, manusia makan makanan berwarna tiap hari, ujungnya gimana sih...gitulah sama aja buat kucing. kasian. jadi merasa bersalah sama empus-empus generasi pertamaku yang terdahulu :(
setelah kehilangan empus-empus generasi pertama, saya punya dua empus lagi. nggak mau lah ya kesalahan lama terulang lagi. jadinya, uda banyak baca thread2 di kaskus sama forum-forum lainnya, ditambah lagi, setelah punya empus-empus generasi kedua ini, petshop mulai bermunculan di kota kecil ini.... *standing applause*
sebenernya sih, dari dulu pergi ke veterinary selalu direkomendasi dryfood yang brandnya Royal Canin  (RC) atau enggak ya Pro Plan (PP). yaelah dulu masih anak sma duit jajan dikasi harian mana kuat beli gituan -_- uda lama, akhirnya empus-empus generasi kedua ini saya kasih rekomendasi lama itu. iyalah, begimana nggak jadi rekomendasi para pecinta empus-empus, orang dari segi harga dia uda keliatan...mahalnya! wakakak.
jadilah, pertama saya kasih mereka PP. oke sih hasilnya... cuman.........pup sama pipnya kelewat bau. Pakai PP cuma bertahan dua bulanan. selanjutnya, kasih mereka RC. emanglah yang satu ini bikin bulu empus nggak rontok, makin subur, ah pokoknya emang bagus dan recommended! cuma, harganya nggak bersahabat sama kantong mahasiswa. lamaaaa amat pake ini RC, akhirnya bokek, kemudian ganti coba ke Kis-kis yang Rich. he he hee... kasianlah mereka suka diganti-ganti makannya. tapi begimana lagi pus, mamamu ini makan apa kalo tiap bulannya makan pus aja bisa sampe 500ribu sendiri -_- beras uda dapet berapa kilo tuh pemirsa??

hilda 1 : sebenernya... 3 makanan yang sudah saya sebutkan diatas...masih nggak baik buat mpus...
hilda 2 : kenapa? kan udah mahal kenapa kok masih nggak baik aja sih? kurang mahal ya?
hilda 1 : ya enggak gitu. FYI, di ke-3 dryfood tsb masih mengandung grain.
hilda 2 : apaan sih grain?
hilda 1 : yaelah makanya banyak bacaaaaa...pokoknya makanan empus yang baik itu grain free. grain ini semacam rice, corn, soy dan saudara-saudaranya yang lain. kalau di dalam dryfood terlalu banyak grain, dia bener emang mengenyangkan empus, tapi para grain itu tadi menghambat penyerapan nutrisi para empus. begitusih kata para master penyayang kucing yang uda ndewo berpangkat bintang kejora.

jadilah, saya mikir-mikir lagi. cat food apaan yang kualitasnya sama kayak RC tapi grain free, holistic dan non by-product.
hilda 2 : apalagi non by-product?
hilda 1 : banyak tanyaaaaaa!
by product itu, kalau catfoodnya mengandung jeroan. atau makanan sisa. eh bukan sih, pokoknya daging-dagingan yang nggak punya nutrisi. koyoto : ceker, hati, usus, kepala dan kawan-kawannya. ya ampun, yang punya aja kaga mau makan beginian, tega mau ngasih empusnya catfood yang mengandung beginian?
then, saya baca-baca banyak forum lagi, infonya : banyak kok catfood yang grain free dan non by product tapi nutrisi setara sama RC dan PP. mereka bilang ada orijen, nutrisource(NS), pure vita, tapi sayangnya.....di petshop sini mana ada begituan :') RC aja harganya bisa naik 40rebu dari kota lain... kalaupun ada, pasti dia lebih mahal dari harga sebenarnya :') *guling-guling sepanjang jalan tol*


pagi ini, siang ini, sore ini, malam ini (terserah yang baca mau pake yang mana) ,
saya mencetuskan...
saya memilih Blackwood sebagai catfood empus-empus saya ke depannya.
hilda 2 : apaan? blackwood? kayu hitam? empusmu mau dikasih arang? ajegileeee....
hilda 1 : kamu! ngomong sama jempol kaki sini!
Blackwood adalah catfood yang bungkusnya warna biru (untuk kitten) . harganya lumayan, setengahnya dari RC :')
langsung jatuh cinta waktu keliling-keliling petshop ini terus liat biru-biru bersinar seolah bidadari turun dari kahyangan. dia warna biru, kemudian ada kuning-kuning yang bertuliskan NO CORN WHEAT OR SOY di pojok kanan atas bungkusnya. Omega 3 dan 6 nya juga lumayan tinggi, fibernya juga ada. pokoknya dia grain free, non by-product juga. langsung aja comot ke kasir.

ini gambar dari google
uda di rumah, ternyata juga ini catfood nggak berwarna. eh maksudnya bukan transparan. tapi, dia ngga pake pewarna buatan gitulah. dia asli warnanya coklat-coklat macam catfood RC, PP atau KK.
uda dicoba ke empus-empus, sejauh hari ini, mereka doyan-doyan aja kok.. uda browsing juga, lumayan banyak yang recommend catfood ini, mereka katapun sama seperti saya, bahwa blackwood ini  grain free & non by-product. cuma kebanyakan artikel da forum-forum yang memuat seperti itu adalah dari negara malaysia. cari-cari di forum indonesia, adasih, cuma dikit yang recommend atau karna ada yang ga kenal sama kayu hitam satu ini makanya dikit banget. oh ya, blackwood ini bikinan veterinarian USA dan dia uda direkomendasi sama analis nutrisi makanan alias AAFCO.

untuk perkembangan lebih lanjut tentang catfood yang satu ini, saya akan bahas di posting berikut-berikutnya ya, stay tune! ;)

No comments:

Post a Comment