08 November 2013

Tips Agar Weekend Mahasiswa Tidak Melulu Disita Tugas

sebagai mahasiswa, kita dituntut untuk bisa mengatur waktu 7 hari dalam seminggu, gimana caranya agar waktu 7H/1M itu cukup untuk kuliah, ngerjakan tugas-tugas kuliah sampe kelar, jalan-jalan atau bahkan backpackeran (ah yang ini sih...bisa jadi) . dan yang paling penting, gimana caranya agar kita nggak pusing hanya karna masalah waktu.
check it out:

1. targetkan semua yang ingin dicapai dalam tabel 7H/1M. bisa kalian buat di mini notebook atau board seperti point 1 & 2 disini



2. catat jam kuliah kalian dari jam berapa sampe jam berapa.
hitung berapa jam jeda waktu antar mata kuliah 1 dengan yang lain.
misal nih, kalian kuliah dari jam 9 sampe jam 3 sore. kemudian jam 7 malam ada kuliah lagi. ada jeda waktu 4jam.
bisa kalian jadwalkan 4 jam itu tadi untuk : 1jam istirahat, 1,5jam ngerjakan tugas kuliah, 1,5jam lagi untuk mandi, makan, beribadah.

3. biasanya, sisa waktu mahasiswa paling nyantai ya hari sabtu dan minggu.
usahakan 2 hari ini kalian enjoy, jangan pernah mikir tugas kebangetan. tapi jangan pernah juga terlalu enjoy. balik point 1, targetkan. misalkan dari 9 mata kuliah kalian, harus selesai maksimal sabtu pagi. jadiii, enak kan hari sabtu & minggu bisa buat yang lain-lain. apa kek, jalan-jalan sama temen, sama keluarga biar ga jenuh.

4. kalau udah jenuh belajar atau ngerjakan tugas, jangan diteruskan.
kebanyakan mahasiswa sudah terbiasa begadang sampai subuh. widihhh gila, kalo saya sih, ogah banget bela-belain begituan. prioritaskan istirahat. menurut saya, kalau kita sudah kurang istirahat, maka otak dan organ tubuh akan menurun kualitas kerjanya dan berdampak pada kesehatan. kalau kesehatan sudah terganggu, tugas-tugaspun ikut terganggu a.k.a nggak maksimal...atau bahkan nggak kesentuh.  kan masih ada vitamin buat jaga kesehatan? ngapain takut capek? pertanyaan macam ini nggak usah ditanggepin. vitamin itu ibaratnya pembantu, dia nggak bisa gantikan majikan 100%, gimanapun itu, kita majikannya. tapiii, itu semua sih tergantung individu ya. yang jelas, ini cuma tips. ok?

5. cari dimana kalian bisa belajar dengan nyaman.
nyaman menurut tiap orang berbeda. ada orang yang kalo belajar itu suasananya harus tenaaaaaang ga ada suara kayak di kuburan sambil dengerin musik. adalagi yang bisa belajar kalo berkelompok kaya domba kemana-mana bersama... ada juga yang bisa belajar kalo cuma waktu di kelas [?] ahahhahahaha
yang jelas, lakukan itu semua berdasarkan target.

6. Beri keyakinan kuat pada diri sendiri.
katakan pada diri kalian setiap harinya, "tugas ini pasti selesai hari jumat", "tugas ini pasti selesai hari jumat", "tugas ini pasti selesai hari jumat".
karna semua yang kita lakukan adalah sugesti dari diri sendiri.

7. Jangan pernah menunda.
kalau kalian sudah menargetkan itu semua dalam tabel "what to do list" pada jam-jam tertentu, yasudah...itu artinya kalian harus benar-benar menaati point 8 berikut:


8. JANGAN PERNAH MENGINGKARI JADWAL YANG SUDAH DIBUAT!
karna point ini adalah yang paling penting dan FATAL jika dilanggar.
mau tahu kenapa? berdasarkan pengalaman pribadi saya yang dalam semester III ini melanggar jadwal sendiri, hidup saya hari itu jadi kacau balau. jadi, pernah suatu ketika saya tidak langsung pulang dari jam yang udah ditargetkan karena dipanggil teman-teman untuk berkumpul. bilangnya sih jam 4 selesai, jam 5 selesai....jreng.........sudah menunggu lama, ternyata saya bisa pulangnya jam setengah 7 malam. tugas, istirahat dan apapun sudah terlewatkan. bahkan mata kuliah selanjutnya jam 7, saya harus rela meninggalkan. kemudian saya jatuh sakit karna kurang istirahat, oleh karna kejadian itu, saya memutuskan untuk memberi tips ke 9.

9. Be Brave.
apapun halangannya, jangan pernah mengingkari jadwal kalian sendiri. BE BRAVE! kalian harus berani & tegas untuk menolak apa yang sekiranya berdampak buruk bagi jadwal kalian.


mengingat bahwa diri kita perlu 21hari untuk mulai terbiasa dengan suasana baru, kuharap kalian benar-benar disiplin dalam menaati jadwal masing-masing selama 21hari minimal. dengan begitu, otomatis pada hari-hari selanjutnya, kalian nggak perlu lagi pusing-pusing liat notebook atau nulis di papan "what to do list" tiap hari.
tapi kalau untuk melatih kedisiplinan sih, itu semua wajib dilakukan.
semoga berhasil!

No comments:

Post a Comment