15 November 2013

Mulih

Setiap minggunya, saya selalu mendengar mereka berkata, "lapo mulih terusan?" yang dalam bahasa indonesia artinya "ngapain pulang terus?". jelas, itu adalah pertanyaan yang tidak perlu dijawab panjang lebar. cukup saja lontarkan senyum sebagai sebuah jawaban. tapi sayapun tidak yakin mereka akan mengerti maksudnya.
mengapa saya selalu pulang ke kampung halaman setiap weekend?
jelas sekali sebagai mahasiswa perantauan yang jauh dari keluarga sudah pasti menahan rindunya kehangatan di rumah. waktu-waktu yang berharga bersama orang tua dan saudara, semua itu sayang sekali bila dilewatkan begitu saja. bukan berarti sebagai mahasiswa perantauan, saya ini masih mbok-mbokan. tapi, menurut saya sendiri, selagi orang tua kita masih ada, kita harus selalu ada pula untuk mereka.
yang perlu kita sadari mulai sekarang, orang tua hidup puluhan tahun hanya untuk membesarkan anak. setelah kita beranjak dewasa, siapa lagi kalau bukan kita yang juga membesarkan (hati) orang tua?
"Orang tua hidup puluhan tahun hanya untuk membesarkan kita"
jadi, jangan tanyakan lagi kepadaku mengapa aku selalu ingin pulang ke kampung halaman...

No comments:

Post a Comment