07 July 2012

Open Minded


Lagi-lagi tulisan ini didedikasikan untuk teman-teman yang belum bisa move on dari kegalauan SNMPTN. Bukan masalah kan?
Mungkin ada beberapa dari kamu sekalian yang memilih jurusan dalam ujian SNMPTN dengan alasan seperti berikut :
1.       Kemauan diri
2.       Kemauan orang tua
3.       Kemauan kerabat dan sanak saudara
Sudah pasti ada jawaban satu dari tiga kemungkinan itu. Nah, poin pertama menganalisa bahwa dalam pemilihan jurusan SNMPTN, kamu memiliki kemauan diri.poin ini tidak menjadi masalah jika ternyata pada pengumuman kemarin kamu tidak lolos pada pilihan pertama, kedua atau ketiga. Yang menjadi beban mental dan pikiran adalah poin kedua dan ketiga. Bayangkan. Sudah pada pengumuman kita tahu ternyata kita tidak lolos seleksi tulis, dapat cercahan dari sanak saudara,orangtua, kerabat hingga siapa sajalah. Selain itu, kamu bakalan dihantui oleh pemikiran “aduh aku mengecewakan orang-orang yang mendukungku!” . ya tidak? Kalau tidak, berbahagialah karena kamu termasuk tipe orang optimis. Kalau Ya, berbahagialah karena kamu membaca artikel ini yang juga akan memberikan tips agar tidak larut dalam kegagalan itu.
Umumnya ya, orang tua juga pasti akan mencarikan solusi ketika tahu kita tidak lolos seleksi tulis. Mereka akan menyerahkan seluruh kekuatannya untuk menhancurkan tembok Ego mereka. Membiarkan kita menempuh jalan yang kita pilih. Kalau yang tidak umum, orang tua juga akan mencarikan jalan. Sama sih, tapi bedanya, jalan yang ini tidak berpihak pada keinginan kita. Solusinya, ikuti permainannya. Jelas saja. Kalau kamu nggak mengikuti permainannya, memangnya kamu bakalan bisa biayai hidup & perkuliahanmu sendiri nantinya? Hah? Hahaha maaf pertanyaan ini konyol.
Tips tips tips. Oke tips. Disini saya, pelajar yang juga gagal dalam seleksi snmptn tulis, akan membagikan tips untuk kalian yang masih saja galau akan kegagalan seleksi.
Sebelumnya, kita tahu dalam dunia yang kompetitif ini, kegagalan itu hal yang wajar. Kalian harus tahu, tanpa kegagalan, kalian tidak akan pernah belajar bagaimana caranya untuk menjadi sukses. Mungkin kalian bertanya-tanya, “apa hubungannya sama kegagalan SNMPTN tulis?” . hubungannya adalah…..kalian harus berpikir secara terbuka, secara global, bahwa hubungannya ada banyak. Tergantung dari sisi mana kalian memandang. Seperti pada postingan sebelumnya, di tulisan inipun saya juga memberikan contoh tentang pentingnya kegagalan. Tanpa kegagalan Thomas Alva Edison, mungkin hari ini kita tidak mendapatkan penerangan… tanpa kegagalan Harland Sanders, mungkin kalian tidak akan tahu apa itu KFC. Jadi, inti paragraph ini sebenarnya kalian harus sadar bahwa kegagalan bukanlah akhir dari segalanya. Itu hal umum. Jangan pernah takut mati dalam kegagalan kalian. Percayalah pada diri kalian bahwa kalian bisa berpikir secara terbuka, secara meluas. Pikirkan bahwa pikiran kalian sudah dewasa, tidak hanya melulu berpikir pada satu sisi kehidupan saja.
Kembali pada tips. Tips untuk kalian yang memang masih sulit move on dari snmptn tulis :
a.       Introspeksi diri
b.      Ukur kemampuan diri kalian sendiri
c.       Cari tahu dimana bakat dan minat kalian yang sebenarnya
d.      Kalau sudah tahu, cobalah daftar ujian mandiri atau ikut ujian tahun depan
e.      Kalau poin C tidak ketemu, itu tidak mungkin karena setiap manusia terlahir dengan bakatnya masing-masing.
f.        Kalau poin D sudah berjalan, itu bagus. Kalau masih gagal, mungkin sebaiknya kamu bisa membanting-setir pikiranmu kea rah masa depan. Pikirkan pekerjaan.
g.       Tuliskan visi & misi kalian dalam selembar kertas cantik, temple di meja belajar, jadikan wallpaper PC/HP, atau lainnya.
h.      Tuangkan hobi kalian menjadi aktivitas yang menyenangkan. Kalau biasanya galau suka tiduran aja, ganti! Galaulah sekarang dengan bermain badminton, galaulah dengan belajar memasak, galaulah dengan kursus bahasa spanyol.
Ah sudah. Itu mungkin… bukan saya menggurui, tapi selama ini, saya melakukan poin-poin tersebut dan IT WORKS !
Semoga bermanfaat & semoga berhasil!

1 comment: