23 November 2012

bukan tentang tanpa masalah


Manusia mana yang tidak pernah bermasalah dengan ruang lingkup social? Sepertinya tidak ada. Anak-anak kecilpun pasti bermasalah dengan ruang lingkup social walaupun sepele J . mereka saja punya, apalagi orang-orang dengan usia yang cukup matang?
Bicara tentang permasalahan social, rupanya nggak lepas jauh-jauh dari karakter seseorang. Sebenarnya, aku kurang mengetahui tentang seluk-beluk masalah ini karena aku bukan mahasiswi sosiologi. Aku hanya menuliskan apa yang aku lihat & aku pikirkan. Jadi, kembali ke masalah awal. Masalah social yang kita ketahui sangat beragam. Mulai dari ketidak-sesuaian dengan lingkungan kerja/kuliah, ketidak-nyamanan dengan suasana, dan banyak lagi. Karakter seseorang rupanya juga sangat berperan disini. Karakter pun bermacam-macam. Ada relasi antar karakter dimana karakter akan saling membunuh, mendukung, bahkan tidak keduanya. Jelas sekali kan kalau karakter akan “saling”, itu artinya hal tersebut melibatkan dua-atau lebih- manusia.
Problemnya, bagaimana jika karakter saling membunuh? Bagaimana jika karakter saling mendukung? Bagaimana pula jika karakter tidak bereaksi satu sama lain?
Karakter saling membunuh, bisa terjadi jika mereka yang berkaitan tidak memiliki rasa saling mengalah. Bisa dikatakan orang-orang dalam masalah ini adalah orang-orang berwatak egois. Hanya waktu yang dapat berbicara & membawa orang-orang ini menuju kedewasaan & pemikiran terbuka.
Kalau untuk karakter yang saling mendukung dan tidak bereaksi, mungkin tidak ada masalah. Hanya saja, karakter yang tidak bereaksi satu sama lain ini ada baiknya mereka mau membuka pikiran & mata hati untuk mau bersosialisasi dengan dunia luar :’) ah, seandainya saja apa yang kita mau untuk mewujudkan lingkungan social yang nyaman itu bisa terwujud dengan sempurna! Tapi bukankah dengan adanya permasalahan seperti ini, dunia akan menyimpan lebih banyak cerita dan pelajaran?

Dan itu semua karena kehidupan adalah bukan tentang hidup tanpa masalah. Tapi kehidupan adalah tentang menyelesaikan masalah.

Lalu, apa komentar kalian,readers? J
Selamat malam. 

2 comments:

  1. Selamat siang ^^
    yap, thats life right?
    btw, dirimu udah sering ngomongin ginian meski bukan mahasiswi sosiologi kok haha
    btw, pepemu kok tumben durung ganti?
    dan ayo ayo mana hasil karyamu di situ hong? pingin liat nih :P

    ReplyDelete
  2. hahahha belum fiiin maaf ya belum sempet share..lagi sibuk PLUS internetnya lelet :) ini aja lg kebetulan oke sinyalnya...
    ehhhh thanks yaaaa kamu temen SMA yang rajin mengunjungi blogku hahaha.. aku padahal disini suka malu kalo blogku dibaca temen2ku kuliah.
    belum biasa.. takut mereka nggak suka sama tulisanku

    ReplyDelete