27 June 2011

Di Balik Bilik Pelabuhan Pasuruan

Sebagian besar Insan mengenal Kota ini sebagai Kota kecil dan tidak berpotensi akan kekayaan & pesona alam. Menurut saya, itu hanyalah komentar bagi mereka yang tidak kenal dekat dengan wilayah-wilayah terpencil di kota ini. Coba anda lihat kea rah Utara kota Pasuruan. Disana terdapat pelabuhan. Memang terlihat sedikit kumuh. Coba lagi anda beralih kea rah Timur Pelabuhan. Disana anda akan menemukan sebuah pemukiman dengan penduduk bermata pencaharian sebagai pembuat garam. Disana terdapat juga sebuah “Pantai”. Ya, “Pantai”. Saya menyebutnya Pantai jika saja penduduk disana sangat merawat dan mencintai lingkungan tinggal mereka. Sangat disayangkan sekali. Mereka yang tinggal disana tidak mau memajukan sendiri potensi alam tersebut.

Yang saya sangat prihatinkan, penduduk disana sangatlah tidak peduli lingkungan mereka. Mereka membuang sampah di laut & membuang ,maaf,kotoran mereka di tambak tempat mereka akan membuat garam. Bisa anda bayangkan sendiri bagaimana pikiran saya tentang Garam buatan yang sudah jadi! Sungguh sangat amat disayangkan mereka tidak mau memajukan tempat tinggalnya sendiri.
2,5 tahun lalu adalah kali pertama saya mendatangi tempat ini, lautnya masih bersih & tidak ada sampah. Tetapi, beberapa waktu lalu saya mengunjungi tempat ini, suasana sudah sangat berubah. Sangat suram & tidak nyaman. Saya benar-benar prihatin akan apa yang mereka lakukan terhadap lingkungan tempat tinggal mereka.
Tetapi, inilah sedikit bagian yang cantik dari Utara Kota Pasuruan :



-Photo by : Hilda Laksmita Dewi
Loc : Pelabuhan Pasuruan , 2011

4 comments:

  1. wowowoowooochchch .........
    bagus bGet ..........
    pdhal temPtnya gug seinDhnya yang Brada di foTo ..........
    bugus suMph ........

    ReplyDelete
  2. akhire ngerti suram.mu..
    ckckckck,
    SUBHANALLAH!
    keren yo hong..!
    awakmu pinter njipik fotone (LAWAS -___-)
    iso ae lek ngritik haha,
    temen a 2,5 tahun lalu gak koyok ngono?
    benar2, waktu bisa mengubah semuanya (GUAYA!)

    ReplyDelete
  3. (iki bukti aku mari ndelok upload.an anyare)hahaha...
    suwun :)

    ReplyDelete
  4. okeoke sip makasih

    ReplyDelete