29 June 2011

Belanda & Seberkas Cahaya Lama

350 tahun lamanya Belanda menduduki Indonesia. Tidak ada yang tidak mungkin untuk Belanda berkuasa dan mendirikan bangunan-bangunan megah saat itu. Kekaguman saya akan arsitektur belanda terletak pada model unik & kokohnya bangunan. Bangunan yang mereka bangun pada zaman-zaman penjajahan tetap berdiri kokoh diatas tanah airku. Dari rumah-rumah kecil, sampai gedung-gedung perusahaan, tetap tegak dengan cahayanya sebagai peninggalan Belanda.
Seperti yang saya ketahui di kota saya, Pasuruan. Rasa ingin tahu saya terhadap bangunan-bangunan peninggalan Belanda di Pasuruan sangatlah besar itu dikarenakan cerita-cerita Kakek saya yang sangat menarik. Tidak hanya di Pasuruan, setiap kali saya menemui bangunan khas Belanda di jalan Kota Surabaya & Malang, mata saya tidak akan berpaling darinya. Begitu megah… SANGAT MENGAGUMKAN!
Semua hal ada Pro dan Kontra. Begitu pula Bangunan-bangunan kokoh tersebut. Ada yang terawat dan ada yang begitu saja ditinggalkan. sangat sayang!  Yang saya tahu di kota Pasuruan, salah satu bangunan peninggalan Belanda sedang dirombak untuk dijadikan pertokoan. Walaupun hanya ditambah satu bangunan didepan bangunan lama tersebut, menurut saya itu tidak sewajarnya. Seharusnya mereka menyadari bangunan bersejarah tersebut akan menjadi sejarah yang tidak akan terlupakan. Jika bangunan bersejarah ditinggalkan dan ditiadakan, maka tidak akan ada lagi cerita untuk anak-anak masa depan.
Kota Pasuruan masih menyimpan beberapa diantaranya :
Gedong 8 Pasuruan
Gedung Wolu Pasuruan

P3GI

Gang apa lupa deh hehe

2 comments:

  1. he.eh KEREN KEREN GAWEANE WONG KONO!!!
    coba diberi sentuhan tangan arek2 kayak awakmu paling tambah apik wkwkwk..
    lho iku p3GI ne pas kapan?
    iyo, sing terakhir aku yo lali jenenge hong ^^

    ReplyDelete
  2. nek inget ya fin aku smsen nama jalane
    -caihong

    ReplyDelete